Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

 

 

 

 

 

VISI

Unggul dalam Pengembangan Kajian Manajemen Pendidikan Islam di Kalimantan Tahun 2025

MISI

  1. Membina calon magister untuk memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual serta professional
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menekankan pada kompetensi manajerial lembaga pendidikan Islam
  3. Mengembangkan kemampuan secara teoritis dan praktis dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
  4. Mendidik calon ilmuan Untuk mengetahui secara menyeluruh tentang perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, pengawasan, analisa kebijakan dan pengambilan keputusan untuk seluruh program dan aktivitas pendidikan.
  5. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi penemuan ide-ide baru dalam pengembangan Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  6. Menerapkan system pelayanan manajemen mutu berbasis ICT
  7. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan lembaga lain dan masyarakat pengguna lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Profil Lulusan

  • Calon Konsultan pada Lembaga Pendidikan
  • Calon Manajer/Pengelola Lembaga Pendidikan
  • Calon Dosen/ Pengajar di Perguruan Tinggi
  • Calon Pemikir dan peneliti Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Gelar yang ditemuh dalam menyelesaikan studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah Magister Pedidikan Islam (M.Pd.I)

  1. Menghasilkan magister dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang menguasai konsep dan memiliki wawasan yang luas serta kepribadian yang luhur dan memiliki kompetensi sosial.
  2. Menghasilkan magister yang mampu menerapkan berbagai konsep pembelajaran mutakhir dalam proses pembelajaran.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  4. Menghasilkan Magister yang memiliki kemampuan melakukan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Manajemen Pendidikan Islam (MPI))
  5. Menghasilkan kerjasama di dalam dan luar negeri dalam rangka pengembangan program studi

 

Sebaran Mata Kuliah per semester Prodi MPI

 

SEMESTER I (GANJIL)

NO KODE MK SKS MATA KULIAH
1 MKKD 003 3 Sejarah Peradaban Islam
2 MKKD 001 3 Studi Qur’an
3 MKKD 003 0 Studi Teks Bahasa Arab
4 MKKD 002 3 Studi Hadis
5 MKKD 003 0 Studi Teks Bahasa Inggeris
6 MKKM 002 3 Filsafat ilmu
12

 

SEMESTER II

NO KODE MK SKS MATA KULIAH
1 MKU 002 3 ANALISIS KEBIJAKAN DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM
2 MKU 004 3 METODE PENDEKATAN  DAN PENGKAJIAN ISLAM
3 MKM 002 3 METODOLOGI PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
4 MKU 003 3 PENGEMBANGAN  KURIKULUM  PENDIDIKAN  ISLAM
5 MKU 001 3 MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
6 MKU 005 3 KEPEMIMPINAN LEMBAGA PEDIDIKAN ISALAM
18

 

SEMESTER III

NO KODE MK SKS MATA KULIAH
1 MKU 006 3 MANAJEMEN STRATEGIC PENDIDIKAN ISLAM
2 MKU 007 3 MANAJEMEN HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN
3 MKU 001 3 MANAJEMEN MUTU TERPADU
4 MKU 008 3 MANAJEMEN BUDGETING DI LEMBAGA PENDIDIKAN
5 3 MATA KULIAH PILIHAN
MKP 03 1. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
MKP 04 2.MANAJ. PEMASARAN LEMB. PEND. ISLAM
MKP 05 3. MANAJEMEN KONFLIK
MKP 06 4. SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM
6 MKP 003 0 SEMINAR PROPOSAL
15

 

 

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Dasar

  • Studi Alquran (MKD 01/ 3 sks)

Mata kuliah ini akan  membahas Problematika Studi al-Quran dengan baik,   mengaplikasikan metodologi dan pendekatan penafsiran sesuai dengan kapasitasnya serta menghimpun secara tematik dan menafsirkan ayat-ayat tentang manajemen pendidikan.

  • Studi Hadis (MKD 02/ 3 sks)

              Mata kuliah  menyajikan pokok pokok dasar dan landasan dalam memahami hadis sebagai salah satu sumber ajaran Islam. Disamping itu menjadi ilmu dalam meneliti kualitas sebuah hadis.

  • Sejarah Peradaban Islam (MKD 03/ 3 sks)

              Mata kuliah ini mempelajari proses perkembangan historis umat Islam dalam seluruh aspek kehidupannya, termasuk peradabannya, sejak sebelum Islam datang ke bangsa Arab sampai perkembangan Islam pada masa kini. Pemahaman ini diperlukan untuk mengenal masa lalu, memahami masa kini, dan memprediksi masa yang akan datang, serta dapat digunakan untuk menganalisis lainnya. sebab masa lalu, sebagai acuan dan pedoman serta pelajaran bagi kita untuk melangkah ke masa yang akan datang.

  • Pendekatan Pengkajian Islam (MKD 04/ 3 sks)

              Merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas Islam dalam berbagai aspek dan pendekatan.  Aspek aspek Islam meliputi ajaran dan sumbernya, kelembagaannya, tokoh-tokoh dan kehidupan umatnya. Pendekatan yg digunakan meliputi pendekatan teologis, hiostoris, yuridis, feminis, arkeologis, sosiologis atau antropologis.

Selain itu mata kuliah mengkaji, mengkritisi dan mendiskusikan materi ajar berdasarkan  telaah hakikat keberagaman dan subtansi ajaran Islam. Mengimplementasikan materi ajar dengan menghasilakn produk metodologis pemahaman subtasi agama menggunakan  pendekatan pilihan yang unggul.

 

Mata Kuliah Kompetensi Metodologi (MKM)

Filsafat Ilmu (MKM 01 / 3 sks)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, tentang konsep dasar berpikir ilmiah, dan membangkitkan gairah serta semangat mahasiswa agar mampu memperkuat posisi diri mengenai hakekat keilmuan dan hubungannya dengan konsep-konsep dasar manajemen pendidikan. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat klasik dan modern, paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal dan berpikir.

  • Metodologi penelitian Manajemen Pendidikan (MKM 02 / 3 sks)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuantitatif, kualitatif, pengembangan, dan penelitian tindakan) dalam bidang pendidikan dalam arti luas sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas untuk penelitian kuantitatif meliputi: jenis-jenis penelitian, perumusan latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, serta penyusunan usulan dan laporan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian.

  • Proposal Thesis (MKM 03 / 0 sks)

Mata kuliah ini memahamkan  teori dan tata aturan penulisan Karya Ilmiah, yang ditindaklanjuti untuk membuat Karya Ilmiah khususnya tesis dan makalah  sesuai dengan teori dan tata aturan teknik penulisan karya tulis serta mempresentasikan  proposal tesis dengan baik dan bertanggungjawab

  • Penelitian dan Penulisan Thesis (MKM 04 / 6 sks)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu penelitian yang terkait dengan masalah manajemen pendidikan seperti; manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen sumberdaya manusia, kepemimpinan pendidikan, manajemen mutu pendidikan, asesmen dan evaluasi pendidikan, supervisi pendidikan serta penulisan laporan­nya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan dua oarang pembimbing tesis.

  • Karya Ilmiah (Jurnal Nasional Terakreditasi)

Matakuliah Kompetensi Utama (MKU)

  • Manajemen Mutu Terpadu di LPI (MKU 01 / 3 sks)

Membahas konsep mutu, control mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan pendidikan mutu, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial. Pengembangan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan.

  • Kepemimpinan di Lembaga Pend.(MKU 02 / 3 sks)

Melalui tinjauan historis dan komparatif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori-teori kepemimpinan di lembaga pendidikan. Kajiannya meliputi keefektifan pola kepemimpinan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas lembaga pendidikan dan kepemimpinan, berbagai teori dan asumsi dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektifan lembaga pendidikan, fungsi dan peranan lembaga pendidikan dan kepemimpinan, serta strategi dan taktik dalam memimpin lembaga pendidikan dan personalia pendidikan. Kepemimpinan partisipatif dan mengurai konflik. Penguatan lembaga pendidikan serta kepekaan jender dan minoritas.

  • Manajemen Humas di LPI (MKU 03 / 3 sks)

Setiap lembaga pendidikan dituntut untuk bisa memadukan antara kepentingan sosial dengan pendekatan promosi dan pemasaran terhadap nilai keunggulan lembaga. Memadukan kedua hal tersebut merupakan suatu tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan teknik dan cara pengelolaan informasi yang profesional. Hal ini menjadikan humas benar-benar berperan sebagai corong atau mercusuar lembaga, sehingga dipercaya oleh masyarakat dan citra lembaga menjadi terbangun.

Oleh karena itu mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memahami tentang fungsi dan peran humas di lembaga pendidikan, strategi humas dalam membangun citra positif lembaga, teknik dan media  pengelolaan informasi yang profesional, dan juga bagaimana membangun hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat. Karena keberhasilan lembaga pendidikan tidak lepas dari dukungan masyarakat. Untuk kompetensi pemahaman itu, mahasiswa juga dibekali dengan teori-teori komunikasi sebagai kunci pokoknya keberhasilan aktifitas humas. Prinsip dan kaidah humas dalam perspektif manajemen pendidikan Islam juga menjadi kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa untuk mendukung konsentrasi keilmuannya, yaitu di bidang Manajemen Pendidikan Islam.

  • Manajemen Budgetting di LPI (MKU 04 / 3 sks)

Menguasai konsep-konsep dasar pembiayaan, teknik perhitungan biaya, kembalian (return), dan penerapannya dalam pendidikan. Membahas tentang karakteristik organisasi nirlaba terutama organisasi pendidikan, pelbagai pendekatan dalam pembiayaan pendidikan, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan dan pengawasan anggaran, dasar legal, dan isu-isu di sekitar pembiayaan pendidikan, serta aplikasinya dalam berbagai jenjang pendidikan. Terampil merumuskan rencana anggaran, memperkirakan pembiayaan perawan dan perbaikan sarana-prasarana pendidikan serta menguasai prosedur dan implementasi penggunaan dana BOS

  • Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam (MKU 05 / 3 sks)

Mata kuliah ini memcoba memahamkan konsep dan jenis masalah manajemen pendidikan serta langkah-langkah dalam strategi pemecahan masalah manajemen pendidikan.

  • Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (MKU 06 / 3 sks)

Mata kuliah ini Memahamkan berbagai konsep dan teori kurikulum dan pembelajaran yang terkait dengan hakekat, landasan, prinsip, model konsep kurikulum, langkah-langlah pengembangan kurikulum, pelaksanaan, evaluasi dan inovasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Juga mengembangkan kurikulum pendidikan Islam dengan berpedoman pada berbagai teori dan Kebijakan Kurikulum serta memahamkan  berbagai teori, kebijakan dan impelementasi kurikulum Pendidikan Agama  Islam (PAI) di Sekolah, Madrasah  dan Pesantrten dalam bentuk aktivitas yang relevan

  • Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan (MKU 07/ 3 sks)

Secara umum manajemen stratejik terdiri dari keputusan dan tindakan manajerial dalam organisasi pendidikan agar dapat mempertahankan kondisi yang menguntungkan. Membahas konsep, proses, dan teknik-teknik manajemen strategik yang mencakup formulasi dan implementasi strategi (seperti perumusan visi dan misi, analisis SWOT, matriks BCG, matriks Hofer, klaster strategi besar, analisis perubahan budaya, dan analisis rasio), serta penerapannya melalui studi kasus dalam manajemen pendidikan. Teori pengembangan sekolah, peran dan fungsi komite sekolah, penyusunan RKS dan RKT

  1. Mata Kuliah Kompetensi Penunjang ( MKP)
  2. Studi Teks Bahasa Arab (MKP 01 / 0 sks)
  3. Studi Teks Bahasa Inggris (MKP 02 / 0 sks)
  4. Sistem Informasi Manajemen Pend.*) (MKP 03 /3 sks)

Menguasai konsep rancang bangun (desain) sistem informasi, prinsip dan teknik pengelolaan sistem informasi manajemen, meliputi kedudukan, peran dan fungsi sistem informasi manajemen dalam rangka meningkatkan mutu layanan dan kinerja manajemen dalam administrasi pendidikan. Memahami teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu wahana dan aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan. Faktor dan landasan yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rancang bangun sisten informasi manajemen, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen untuk administrasi pendidikan. Menguasai manajemen aset sarana-prasarana sekolah/pendidikan dan mampu mengaplikasikan sofware manajemen sarana-prasarana serta administrasi akademik pendidikan.

  • Manajemen Pemasaran Lemb. Pend (MKP 04/ 3 sks)

Matakuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21, analisis kesempatan pasar, pengembangan strategi pemasaran, pengambilan keputusan pemasaran, dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, maka pemahaman terhadap teknologi tersebut dalam menunjang dunia pemasaran menjadi sangatlah berarti, seperti e-commerce. Matakuliah ini juga membahas mengenai teori dan konsep pemasaran, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan pemasaran nasional, regional, dan internasioanl. Dalam topic-topik tertentu dibahas tentang Analisis Situasi, Strategi dan ProgramPemasaran, serta Kordinasi dan Pengendalian Pemasaran

 

  • Manajemen Konflik*) (MKP 05 / 3 sks)

Mengembangkan keahlian dalam mengelola berbagai kepentingan yang menjadi sumber terjadinya konflik melalui berbagai pengembangan pengetahuan tentang dasar-dasar manajemen konflik, realitas konfli dalam berbagai aspek perkembangan manusia, dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut sebagai ketrampilan hidup untuk mengelola konflik sehingga tercipta hubungan damai antarmanusia secara inklusif, toleran dan pluralis.

  • Supervisi Pendidikan Islam (MKP 06 3 sks)

Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pendidikan, mencakup prinsip-prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tatacara perangcangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala-kendala yang ada untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Adapun tugas setiap unit pada organisasi dan tata kerja Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs)  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda adalah sebagai berikut :

 

Ketua Program Studi

  1. Memimpin dan mengelola penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dengan menyusun rencana dan program kerja program studi
  2. Memantau dan memonitoring penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran pada program studi
  3. Mengevaluasi penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran   pada program studi
  4. Memimpin dan mengelola penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi
  5. Memantau dan memonitoring penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi
  6. Mengevaluasi penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi
  7. Melakukan tindaklanjut atas hasil evaluasi penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran  pada program studi
  8. Melaporkan pelaksanaan kegiatan Direktur Program Pascaarjana (PPs)

Sekretaris Program Studi

Tugas dan fungsi Sekretaris Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda adalah membantu Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda dalam hal

  1. Memimpin dan mengelola penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dengan menyusun rencana dan program kerja program studi;
  2. Memantau dan memonitoring penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran pada program studi;
  3. Mengevaluasi penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran pada program studi;
  4. Memimpin dan mengelola penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi;
  5. Memantau dan memonitoring penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi;
  6. Mengevaluasi penyelenggaraan bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan pada program studi;
  7. Melakukan tindaklanjut atas hasil evaluasi penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran pada program studi;
  8. Melaporkan pelaksanaan kegiatan ke ketua program studi.

 

  Kepala Sub Bagian Administrasi, Umum dan Perencanaan, Akademik Kemahasiswaan

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan  kepegwaian, administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang administrasi; umum, keuangan, organisasi dan kepegwaian, administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegwaian, administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  4. Menyusun rencana tindakanjut hasil evaluasi bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegawaian, administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  5. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegawaian, administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  6. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

 

 

Staf Sub Bagian Administrasi, Umum dan Perencanaan

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegawaian;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegawaian;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegwaian;
  4. Menyusun rencana tindakanjut hasil evaluasi bidang administrasi umum, keuangan, organisasi dan kepegawaian;
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas ke Kasubag.

 Staf Sub bagian akademik dan Kemahasiswaan

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  4. Menyusun rencana tindakanjut hasil evaluasi bidang administrasi akademik, kemahasiswaan dan pemberdayaan alumni;
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

Perpustakaan

 

Perpustakaan adalah unit pelaksana teknis, diplmpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab langsung kepada direktur dengan tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang perpustakaan dan pelayanan kepada mahasiswa
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang perpustakaan dan pelayanan kepada mahasiswa
  3. Mengevaluasi program kerja bidang perpustakaan dan pelayanan kepada mahasiswa
  4. Menyusun rencana tindakanjut hasil evaluasi bidang perpustakaan dan pelayanan kepada mahasiswa
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas

 

Pusat Informasi dan Pangkalan Data

 

Pusat Komputer adalah unit pelaksana teknis di bidang pengembangan sistem informasi lembaga serta pendidikan.dan layanan komputer, dipimpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggungjawab kepada rektor.

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang pengembangan sistem informasi lembaga serta pendidikan.dan layanan computer;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang pengembangan sistem informasi lembaga serta pendidikan.dan layanan computer;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang pengembangan sistem informasi lembaga serta pendidikan.dan layanan computer;
  4. Menyusun encana tindakanjut hasil evaluasi bidang pengembangan sistem informasi lembaga serta pendidikan.dan layanan computer;
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

Pusat Pelayanan Bahasa

Pusat Pelayanan Bahasa adalah unit pelaksana teknis di bidang pendidikan bahasa,dipimpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Ketua.

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang pendidikan bahasa Arab, Inggris dan Baca Tulis Alquran;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang pendidikan bahasa Arab, Inggris dan Baca Tulis Alquran;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang pendidikan bahasa Arab, Inggris dan Baca Tulis Alquran;
  4. Menyusun encana tindakanjut hasil evaluasi bidang pendidikan bahasa Arab, Inggris dan Baca Tulis Alquran;
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

 

Unit Penjaminan Mutu

 

Unit Penjaminan Mutu adalah unit pelaksana teknis Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda dibidang pengendalian dan peningkatan mutu pendidikan, dipimpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Direktur. Unit Penjaminan Mutu mempunyai fungsi mengukur mutu hasil pendidikan, mendiagnosa kelemahan-kelemahan proses pendidikan, dan membantu Program Studi dalam peningkatan mutu pendidikan

  1. Menyusun rencana dan program kerja bidang pengembangan mutu Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda;
  2. Memamtau dan memonitoring pelaksanaan program kerja bidang pengembangan mutu Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda;
  3. Mengevaluasi program kerja bidang pengembangan pengembangan mutu Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda;
  4. Menyusun encana tindakanjut hasil evaluasi bidang pengembangan mutu Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda;
  5. Menyusun laporan sesuai hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

 

NO MATA KULIAH NAMA DOSEN
1 SEJARAH PERADABAN ISLAM Dr. Syekh Hawib Hamzah
2 STUDI QUR’AN Dr. Iskandar, M.Ag
3 STUDI TEKS BAHASA ARAB Dr. H. Fachrul Ghazi, Lc, MA
4 STUDI HADIS Dr. H. Hadi Mutramam, M.Ag
5 STUDI TEKS BAHASA INGGERIS  Dr. Umar Fauzan M.Pd
6 FILSAFAT ILMU Dr. Puryadi, M.Pd
7 ANALISIS KEBIJAKAN DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM Dr. Zuqoni, M.Ag
8 METODE PENDEKATAN  DAN PENGKAJIAN ISLAM Dr. Iskandar, M.Ag
9 METODOLOGI PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Prof Dr Susilo M.Pd
10 PENGEMBANGAN  KURIKULUM  PENDIDIKAN  ISLAM Dr. Muhammad Nasir, M.Pd
11 MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Dr Zamroni
12 KEPEMIMPINAN LEMBAGA PEDIDIKAN ISALAM Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd
13 MANAJEMEN STRATEGIC PENDIDIKAN ISLAM Dr. Ity Rukiyah M.Pd
14 MANAJEMEN HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN Dr. M. Eka Mahmud, M.Ag
15 MANAJEMEN MUTU TERPADU Prof. Rahmad  Soe’ud
16 MANAJEMEN BUDGETING DI LEMBAGA PENDIDIKAN Dr. Bambang Iswanto, M.H
17 MATA KULIAH PILIHAN  
18 MATA KULIAH PILIHAN  
  1. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Sugiono  M.Kom
  2.MANAJ. PEMASARAN LEMB. PEND. ISLAM Dr Birusman Nuryadin M.M
  3. MANAJEMEN KONFLIK Dr Zamroni M.Pd
  4. SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM Dr Suratman M.Pd
19 SEMINAR PROPOSAL Prof Hj Siti Muriah

 

kotak-surat

Kritik dan Saran dapat di kirimkan melalui Email pasca@iain-samarinda.ac.id